Tips Agar Tidak Terkecoh Penawaran Promo Ramadhan



Jelang bulan Ramadhan, akan ada banyak sekali pelaku  bisnis yang menawarkan promoRamadhan. Bulan Ramadhan memang merupakan satu moment yang spesial, bukan hanya untuk masyarakat saja melainkan juga bagi para pelaku usaha atau bisnis. Pada bulan puasa atau bulan Ramadhan, terjadi kecenderungan di tengah masyarakat untuk berbelanja berbagai barang, baik itu kebutuhan pokok maupun kebutuhan yang lain. Hal tersebut disikapi oleh para pelaku usaha untuk menawarkan promo kepada konsumen atau masyarakat dengan embel-embel “ramadhan”. Masyarakat merespon keberadaan promo semacam itu dengan berbagai cara, ada yang menyambutnya dengan antusias ada pula yang bersikap biasa-biasa saja. Pertanyaannya sekarang adalah, “Apakah promo ramadhan berarti harga lebih murah untuk produk berkualitas?”

Tidak sedikit masyarakat yang berpikir atau beranggapan bahwa “promo Ramadhan murah” berarti mereka bisa mendapatkan produk berkualitas baik dengan harga yang jauh lebih murah. Mereka kemudian berbondong-bondong pergi ke toko atau tempat yang menawarkan promo tersebut. Padahal, ada satu fakta menarik yang hendaknya disadari yaitu bahwa meski ada pula yang memang benar-benar memberikan harga lebih murah namun tidak sedikit penawarna promo Ramadhan yang hanya sebatas marketing gimmick atau Bahasa marketing. Ini berarti, harga untuk barang yang ditawarkan sama, atau jika lebih murah maka tidak jauh berbeda dengan harga sebelum bulan Ramadhan.

Oleh karena itu, sebelum Anda berbelanja produk atau di toko yang menawarkan promos spesial di bulan ramadhan, ada baiknya Anda mengetahui tips-tips berikut agar tidak terkecoh dan benar-benar dapat menemukan promo Ramadhan terbaik.

1)     Jangan larut dalam euphoria: Ketika menemukan penawaran promo Ramadhan, maka sikapilah dengan bijak. Jangan berpikir bahwa produsen atau pemilik toko akan berbaik hati kepada Anda dengan memberikan diskon besar-besaran saat bulan Ramadhan. Banyak toko yang memberikan diskon setelah harga dinaikkan secara signifikan. Jadi, meski terkesan murah namun sejatinya harga produk tersebut sama dengan harga yang dipatok saat sebelum Ramadhan.
2)     Bandingkan dengan toko lain: Tidak ada salahnya Anda mencoba untuk membandingkan harga di toko yang mengadakan promo dengan toko lain untuk produk yang sama. Dengan begitu, Anda akan mengetahui apakah promo diskon bulan Ramadhan yang ditawarkan tersebut asli atau hanya sekadar iklan.
3)     Cari tahu harga sebelum bulan Ramadhan: Ketika Anda menemukan bahwa harga sebelum bulan Ramadhan sama atau tidak jauh berbeda dengan harga pada masa promo Ramadhan, berarti tempat tersebut hanya memanfaatkan momen bulan puasa untuk menarik minat konsumen.
4)     Ketahui kualitas produk yang ditawarkan: Banyak toko atau tempat yang menawarkan promo spesial saat bulan Ramadhan dengan embel-embel “untuk produk tertentu”. Nah, di sini Anda bisa mencari tahu apakah produk yang didiskon atau yang dipromosikan memiliki kualitas yang baik. Jika memang harganya murah namun kualitasnya rendah, rasanya akan lebih bijak jika Anda membeli produk lain yang lebih bagus meski dengan harga normal yang mungkin tidak termasuk ke dalam item promo Ramadhan.